Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI IMLAQ DENGAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN

IZZATUN NAFSI, - (2024) KONTEKSTUALISASI IMLAQ DENGAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai larangan membunuh terhadap anak karena kemiskinan, tindakan ini dianggap sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia, karena tidak membiarkan seseorang hidup, dan menikmati hidupnya hanya karena kemiskinan yang disebut dengan imlaq di dalam al-Qur’an, orang yang melakukan hal ini berhak dikenakan sanksi karena sudah melanggar Hak Asasi Manusia. Fokus penelitian ini yaitu kepada penafsiran imlaq dalam surah al-An’am ayat 151 dan al-Isra’ ayat 31 di dalamnya terdapat kemiskinan yang dikaitkan dengan larangan terhadap pembunuhan karena itu fenomena ini dihubungkan kepada HAM. Dengan demikian penelitian ini bertujuan menganalisis kontekstualisasi Imlaq dengan perlindungan Hak Asasi Manusia perspektif al-Qur’an, menggunakan metode tematik atau metode maudhu’i yaitu menggunakan tema-tema tertentu yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan library research kemudian mengembangkannya dengan pendekatan sosio-historis. Sehingga dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini terdapat dua poin, pertama memberi pemahaman menegani penafsiran imlaq menurut pendapat beberapa mufassir didalam kitab tafsirnya, penafsiran ini dibatasi dengan tiga kitab tafsir yaitu Tafsir Al-Azhar, Tafsir Al-Sya’rawi, dan Tafsir Al-Mishbah, kedua kontekstualisasi Imlaq dalam al-Qur’an dengan perlindungan HAM. Berupa: hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pendidikan, hak orang tua melindungi dan melanjutkan keturunan, dan hak untuk diberi nafkah. Sehingga dapat memberi pemahaman mengenai larangan membunuh terhadap anak, pembunuhan ini akan mendapat sanksi berat baik dari hukum Allah SWT maupun hukum yang dibuat manusia. Kata Kunci: HAM, Imlaq, Kontekstualisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Laila Sari Masyhur, MA, -2027027902lailasari.masyhur@gmail.com
Thesis advisorDr. Khotimah, M.Ag, -2016087401khotimah@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 May 2024 02:26
Last Modified: 14 May 2024 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78607

Actions (login required)

View Item View Item