Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU

DHEA ELMIZA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran IPS kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Pekanbaru melalui model pembelajaran kooperatif two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 36 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep sebelum tindakan masih rendah, dimana hanya 10 orang siswa atau 29,39 berada pada kategori pemahaman baik, 20 orang siswa atau 58,78 berada pada kategori pemahaman cukup baik, dan 6 orang siswa atau 11,83 berada pada kategori pemahaman kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada siklus I, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat, dimana 1 orang siswa atau 4,38 berada pada kategori pemahaman baik sekali, 22 orang siswa atau 63,05 berada pada kategori pemahaman baik, 9 orang siswa atau 22,45 berada pada kategori pemahaman cukup baik, dan 4 orang siswa atau 9,78 berada pada kategori pemahaman kurang. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 7 orang siswa atau 24,45 berada pada kategori pemahaman baik sekali, 25 orang siswa atau 65,77 berada pada kategori pemahaman baik, dan 4 orang siswa atau 9,78 berada pada kategori pemahaman cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V pada muatan pelajaran IPS Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Yasnel, M.Ag, -2015087102yasnel@yahoo.co.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 May 2024 06:55
Last Modified: 08 May 2024 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78573

Actions (login required)

View Item View Item