Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PELAJARAN TAHSIN AL-QURAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PROFESI RIAU INTERNATIONAL COLLEGE PEKANBARU

AMIR UDIN, - (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PELAJARAN TAHSIN AL-QURAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PROFESI RIAU INTERNATIONAL COLLEGE PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Amir Udin, (2024): Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Visual dan Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pelajaran Tahsin Al-Quran Di Lembaga Pendidikan Profesi Riau International College Pekanbaru Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis visual dan lingkungan terhadap prestasi belajar mahasiswa pada pelajaran tahsin Al-Quran di lembaga pendidikan profesi Riau International College Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa corelational. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti pelajaran Tahsin al-quran sebanyak 54 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran berbasis visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata pelajaran tahsin Al-Quran di lembaga pendidikan Profesi Riau International College Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan dengan nilai thitung 2,153 lebih besar dari ttabel 2,008 dengan pengaruh sebesar 42,6%. Variabel Lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata pelajaran tahsin Al-Quran di lembaga pendidikan profesi Riau International College Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan dengan nilai thitung 3,992 lebih besar dari ttabel 2,008 dengan pengaruh sebesar 17,4%. Terdapat pengaruh yang signifikan Media Pembelajaran berbasis visual dan Lingkungan secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tahsin Al-Quran di lembaga pendidikan profesi Riau International College Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,563. Ini berarti pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 56,3%. Sisanya sebesar 43,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. ABU ANWAR, M. Ag, -2017086701hafizoh.anwar@gmail.com
Thesis advisorDr. ZULKIFLI, M.Ed, -2008076801zulkifli@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 May 2024 01:18
Last Modified: 08 May 2024 01:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78568

Actions (login required)

View Item View Item