SUPARDI RITONGA, - (2024) MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN BENGKALIS. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI SUPARDI RITONGA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Supardi Ritonga (2024): Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis Rendahnya keterampilan komunikasi mahasiswa terjadi karena dalam pembela jaran, dosen belum dengan sengaja menumbuhkan ketergantungan positif diantara mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran yang akan mendorong mahasiswa untuk melakukan komunikasi yang dapat melatihkan dan mengembang kan keterampilanan komunikasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana Konsep Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis?; 2) untuk mengetahui Desain Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Adapun teknik pengumpulan data yang digunanakan adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Adapun hasil penelitian ini yaitu Konsep Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis, yaitu model pembelajaran yang menggunakan tiga aktivitas mahasiswa dalam berkomunikasi dengan baik dengan menggunakan tiga langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi dengan tujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis. Desain Konsep Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis yang telah disusun oleh peneliti sudah dilakukan validasi dengan 4 orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli gambar (desain grafik) dan tata bahasa, yang menyatakan bahwa Konsep Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis dikategorikan layak, untuk diberikan dan dipergunakan dalam pembelajaran perkulihaan mata kuliah Profesi Keguruan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Bengkalis. Kata kunci : Model Pembelajaran, Group Investigation (GI), Kemampuan Komunikasi, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 May 2024 13:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 May 2024 13:28 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78552 |
Actions (login required)
View Item |