IKRIMA MAILANI, - (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDIT KAB. KUANTAN SINGINGI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI IKRIMA MAILANI.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ikrima Mailani (2023): Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru Tehadap Kualitas Pembelajaran Di SDIT Kab. Kuantan Singingi Penelitian ini dilakukan untuk menguji; a) Adakah pengaruh langsung supervisi akademik kepala sekolah terhadap profesionalitas guru di SDIT Kab. Kuantan Singingi?; b) Adakah pengaruh langsung profesionalitas guru terhadap kualitas pembelajaran di SDIT Kab. Kuantan Singingi?; c) Adakah pengaruh langsung supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran?; d) Adakah pengaruh supervisi akademik kepala sekolah melalui profesionalitas guru terhadap kualitas pembelajaran di SDIT Kab. Kuantan Singingi?; Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Menggunakan jenis penelitian survey karena dalam pengumpulan data, penulis menghimpun informasi dari para responden menggunakan kuesioner sebagai metode pokok. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan Structural Equation Modeling (SEMPLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 4 yang dihitung dengan PLS-SEM Algorithm & Bootstraping. Adapun hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data adalah sebagai berikut:1)Supervisi Akademik Kepala Sekolah secara langsung memberi pengaruh yang signifikan terhadap Profesionalitas Guru. Dengan t-Statistik 15.227 > t-abel 1,96 dan p-Value 0.000 < 0,05. 2)Profesionalitas Guru secara langsung memberi pengaruh yang signifikan terhadap Kualitas Pembelajaran. Dengan t-Statistik 5.364 > t-tabel 1,96 dan p-Value 0.000 < 0,05. 3)Supervisi Akademik Kepala Sekolah secara langsung tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap Kualitas Pembelajaran. Dengan t-Statistik 1.378 < t-tabel 1,96 dan p- Value 0.168 > 0,05. 4)Supervisi Akademik Kepala Sekolah secara tidak langsung memberi pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran melalui Profesionalitas Guru. Dengan t-Statistik 4.637 > dari t-tabel 1,96, p-Value 0.000 < 0,05, dan R Square sebesar 0,565 yang berarti memiliki hubungan yang “sedang” sebesar 56,5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis ketiga dan keempat, dapat disimpulkan bahwa Profesionalitas Guru menjadi variabel mediasi Sempurna (complete mediation) dalam hubungan (tidak langsung) Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pembelajaran. Kata kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru, Kualitas Pembelajaran, SDIT
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 May 2024 08:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 May 2024 08:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78531 |
Actions (login required)
View Item |