Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, TIME BUDGET PRESSURE DAN SKEPTISISME PROFESIONAL TERHADAP PERILAKU UNDERREPORTING OF TIME (Studi Pada Auditor yang Terdaftar di KAP Kota Pekanbaru)

INTAN SEPTIANA, - (2024) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, TIME BUDGET PRESSURE DAN SKEPTISISME PROFESIONAL TERHADAP PERILAKU UNDERREPORTING OF TIME (Studi Pada Auditor yang Terdaftar di KAP Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV INTAN SEPTIANA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV INTAN SEPTIANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, TIME BUDGET PRESSURE DAN SKEPTISISME PROFESIONAL TERHADAP PERILAKU UNDERREPORTING OF TIME (Studi Pada Auditor yang Terdaftar di KAP Kota Pekanbaru) OLEH: INTAN SEPTIANA NIM: 12070323287 Segala tindakan yang dilakukan oleh auditor selama pelaksanaan program audit yang dapat mengurangi kualitas audit, baik secara langsung maupun tidak langsung merupakan dysfunctional audit behavior. Underreporting of time merupakan perilaku menyimpang pada auditor dimana seorang auditor tidak melaporkan waktu yang sebenarnya selama penugasan audit, hal ini dilakukan salah satunya untuk mendapatan ulasan kinerja yang lebih baik dari klien. Terdapat faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi seorang auditor untuk melakukan perilaku underreporting of time. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku underreporting of time. Faktor internal mencakup kecerdasan spiritual, intelektual dan emosional serta skeptisisme profesional, sedangkan faktor eksternal merupakan time budget pressure. Melalui teknik purposive sampling, 67 auditor dipilih sebagai sampel dari keseluruhan total populasi yang juga berjumlah 67 auditor dari 10 KAP yang terdaftar di Kota Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu perangkat lunak SmartPLS 4 untuk menguji hubungan antar variabel. Penelitian ini menemukan pengaruh negatif kecerdasan spiritual terhadap perilaku underreporting of time, pengaruh positif time budget pressure terhadap perilaku underreporting of time. Namun penelitian ini tidak menemukan pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan skeptisisme profesioanal terhadap perilaku underreporting of time. Kata Kunci: Underreporting of Time, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Time Budget Pressure, Skeptisisme Profesional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Desrir Miftah, SE, MM, Ak, CA, -2012047401desrir.miftah@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 06 May 2024 15:28
Last Modified: 06 May 2024 15:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78512

Actions (login required)

View Item View Item