PENGARUH SPOT IKLAN KARTU AS TERHADAP GAYA BAHASA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Elfrida Ramadani, (2013) PENGARUH SPOT IKLAN KARTU AS TERHADAP GAYA BAHASA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013143KOM.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Berbagai iklan yang ditayangkan di televisi memiliki keragaman demi menjaring konsumennya dengan pengemasan bahasa yang semenarik mungkin. Bahkan demi menjaring konsumen, setiap iklan menunjukkan keunggulan barang yang diiklankan. Selain itu, iklan kerap kali ditayangkan berulang kali sehingga akan semakin memberikan kesan yang dalam kepada konsumen terhadap produk yang ditawarkan.Iklan Kartu As adalah produk yang dikeluarkan oleh PT. Telkomsel Pada tahun 2004. Pembuatan iklan ini sangat kreatif, promosi iklan ini menggunakan bahasa gaulnya para remaja. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti adanya pemakaian bahasa ini ketika siswa melakukan pembicaraan ke siswa lain dengan kalimat “trus gue harus bilang WOW gitu”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas bagaimana pengaruh Spot Iklan kartu As terhadap Gaya Bahasa Siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and gratification. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara menggunakan rumus slovin mengambil batas kelonggaran 10% dari jumlah siswa kelas 1 dan kelas 2. yang diperoleh sebanyak 87 siswa dari 662 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik sampling kuota yaitu menetapkan jumlah tertentu untuk setiap strata lalu meneliti siapa saja yang ada sampai jumlah itu terpenuhi. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini dengan menggunakan Pearson’s Corelation (Product Moment), menunjukkan terdapat hubungan yang cukup kuat atau berani, positif dan signifikan antara spot iklan Kartu As terhadap gaya bahasa siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru sebesar 0.7008. Kemudian perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0.4911 sehingga dapat dijelaskan bahwa sebesar 49,11% gaya bahasa siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru dipengaruhi Spot Iklan Kartu As.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:44
Last Modified: 21 Sep 2016 19:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7851

Actions (login required)

View Item View Item