Satri Handayani, - (2024) Desain Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Dasar Berbasis Keterampilan Abad 21 di SD Negeri Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
ilovepdf_merged.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Satri Handayani (2023) : Desain Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Dasar Berbasis Keterampilan Abad 21 di SD Negeri Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Negeri Kota Garo, Keterampilan pembelajaran PAI Berbasis Abad 21, serta untuk mengetahui Desain Modul Pembelajaran PAI berbasis abad 21. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan desain langkah ADDIE yang terdiri atas tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluastion. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk, yaitu produk modul pembelajaran PAI pada pendidikan dasar berbasis keterampilan abad 21. Analisis data hasil validasi desain modul pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 dilihat dari hasil rata-rata hasil validasi 4 dosen ahli isi atau materi PAI dan rata-rata hasil validasi 4 dosen ahli bahasa dan desain dinyatakan valid dan tidak memerlukan perombakan yang siginfikan dan layak digunakan di 4 sekolah SD negeri Kota Garo Kecamatan Tapung Hilir sebagai bahan ajar PAI. Keefektifan modul pembelajaran yang dikembangkan dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar siswa berasal dari nilai post-test yang dilakukan oleh peneliti pada tahap evaluation. Dengan demikian. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan desain modul pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 telah memenuhi aspek keefektifan. Berdasarkan analisis hasil post-test dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan modul pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 efektif digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran PAI. Analisis kepraktisan dengan melakukan observasi pada saat pembelajaran tahap evaluation. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 praktis digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran PAI. Kata Kunci : Desain, pembelajaran PAI, keterampilan abad 21
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 May 2024 15:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 May 2024 15:33 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78499 |
Actions (login required)
View Item |