Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RETORIKA USTAZ HANAN ATTAKI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

WIDYA WARISMA, - (2024) RETORIKA USTAZ HANAN ATTAKI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

WIDYA WARISMA (2024) : RETORIKA USTAZ HANAN ATTAKI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Penelitian ini berjudul “Retorika Ustaz Hanan Attaki dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena dakwah merupakan salah satu aspek berbicara. Alasan penulis tertarik memilih judul penelitian tersebut karena ustaz Hanan Attaki senantiasa tampil berceramah dengan kalimat yang mudah dipahami dan dimengerti serta isi ceramah yang praktis dengan gaya dakwah yang santai dan mudah dicerna oleh para pendengar. Masalah penelitian: (1) Bagaimana konsep retorika Ustaz Hanan Attaki dalam menyampaikan dakwah? (2) Bagaimana implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia?. Bertujuan untuk mendeskripsikan Retorika Ustaz Hanan Attaki dalam video ceramah di Youtube. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah dakwah Ustaz Hanan Attaki dalam video ceramah (1) Waktu lagi butuh,(2) Doain orang yang ngeselin, dan (3 ) Dahsyatnya kekuatan istigfar. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Aristoteles 3 pilar komunikasi yaitu ethos (pengetahuan, kepribadian, dan status), pathos (kemampuan emosional) dan logos (logika). Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, simak, dan catat. Hasil penelitian ditemukan adanya teknik sebanyak 86 data diantaranya teknik (1) ethos berupa pengetahuan 27 data, kepribadian 15 data ,status 10 data (2) pathos berupa kemampuan emosional video 12 data. (3) Logos berupa bukti nyata (logika) 22 data yang digunakan Ustaz Hanan Attaki. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik retorika yang digunakan oleh Ustaz Hanan Attaki lebih dominan menggunakan teknik retorika ethos berupa pengetahuan, kepribadian dan status. Pathos secara keseluruhan Ustaz Hanan Attaki menggunakan kemampuan emosional yang mempengaruhi pendengar agar bersemangat menjalankan aktivitas terutama dalam menggapai tujuan hidup. Logos kemampuan menyampaikan dengan mengajukan bukti nyata digunakan sebagai pembentuk logika atau kerangka berpikir. Selain itu Ustaz Hanan Attaki, juga memberikan contoh-contoh kepada pendengar, agar pendengar lebih yakin dengan dakwah yang disampaikannya. Sehingga hasil dari ethos, pathos dan logos di implikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: Retorika, Pathos, Logos, Etos,Pembelajaran Bahasa Indonesia Ustaz Hanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLusi Komala Sari, M.Pd., s, -2002118501Lusikomalasari11@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 May 2024 23:22
Last Modified: 05 May 2024 23:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78481

Actions (login required)

View Item View Item