Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

CAMPUR KODE PADA FEED INSTAGRAM COOLAROO PUBLIC SPEAKING DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH

MEDITA WARDANI, - (2024) CAMPUR KODE PADA FEED INSTAGRAM COOLAROO PUBLIC SPEAKING DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

MEDITA WARDANI(2024) : CAMPUR KODE PADA FEED INSTAGRAM COOLAROO PUBLIC SPEAKING DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan faktor campur kode pada feed instagram Coolaroo Public Speaking serta implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk kualitatif. Yaitu dengan mendeskripsikan bentuk, faktor terjadinya campur kode pada feed instagram Coolaroo Public Speaking. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Bentuk campur kode yang terdapat didalam feed instagram Coolaroo Public Speaking adalah campur kode eksternal atau campur kode luar yaitu bahasa Inggris. Disetiap poster yang diunggah terdapat campur kode bahasa Inggris. Campur kode tersebut dengan menyelipkan beberapa kata atau klausa eksternal. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode pada poster yang diunggah di dalam feed instagram Coolaroo Public Speaking adalah 1) Ketertarikan pembaca 2) Kecenderungan menggunakan bahasa Inggris 3) Prestise 4) Karakter dari CEO Coolaroo Public Speaking 5) Bahasa teknis public speaking 6) Pemahaman bahwa semua orang zaman sekarang yang sudah ada di dunia public speaking rata-rata memiliki keterampilan bahasa Inggris. Implikasi campur kode dapat dilakukan pada materi pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada tingkat SMP, pengimplikasian dapat dilakukan pada materi teks iklan, slogan, dan poster. Lalu pada materi teks drama. Sedangkan pada tingkat SMA dapat diimplikasikan pada materi Teks Cerpen. Dengan menyelipkan campur kode internal ataupun eksternal. Pada pengajaran bahasa Indonesia guru juga dapat menggunakan campur kode di kelas yang bertujuan agar siswa dapat memahami dengan lebih mudah yang dijelaskan oleh guru. Campur kode tersebut juga bisa berbentuk campur kode internal ataupun eksternal. Tetapi tidak menggunakan campur kode secara berlebihan agar tidak merusak tatanan bahasa Indonesia. Kata Kunci : Campur Kode, Bentuk, Faktor, Pembelajaran, Implikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Lusi Komala Sari, M.Pd., -2002118501Lusikomalasari11@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 May 2024 23:19
Last Modified: 05 May 2024 23:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78479

Actions (login required)

View Item View Item