DESI AZANIL ASRI, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) DINAS PERTANIAN DALAM MENSOSIALISASIKAN PUPUK BERSUBSIDI DIKECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Desi Azanil Asri Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Dinas Pertanian Dalam Mensosialisasikan Pupuk Bersubsidi Di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Permasalahan pupuk di Indonesia saat ini selalu menjadi persoalan yang menyentuh langsung pada kebutuhan dan keberlangsungan petani dalam mengolah lahan. Pupuk merupakan bahan kimia atau organisme yang berperan dalam menyediakan unsur hara bagi kebutuhan tanaman secara langsung maupun tidak langsung. Ketika pupuk langka dan harganya juga mahal maka petani yang akan menjadi korbannya. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah Indonesia akhirnya mengeluarkan kebijakan subsidi pupuk bagi petani. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana Strategi Komunikasi Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Dinas Pertanian Dalam Mensosialisasikan Pupuk Bersubsidi Di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh badan penyuluhan pertanian (BPP) dinas pertanian nagari paninjauan kecamatan X koto kabupaten Tanah Datar dalam mensosialisasikan pupuk bersubsidi sehingga sampai dengan baik kepada masyarakat pertanian. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi menurut Lasswell yang digunakan untuk menganalisis komunikasi kelompok yang menjadi sasaran diseminasi (penyebarluasan) pesan, yang terdiri dari komunikator, komunikan atau target sasaran, pesan, media yang digunakan, efek yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mensosialisasikan pupuk bersubsidi kepada petani dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi langsung. Sosialisasi langsung yang dilaksanakan seperti setiap penyuluh di masing-masing nagari yang ada di kecamatan X Koto melakukan cara visit ke petani untuk menyampaikan informasi terkait pupuk bersubsidi. Disisi lain penyuluh juga menggunakan media social untuk berbagi informasi kepada petani, tetapi penggunaan media sosialnya masih kurang efektif. Kata kunci : strategi komunikasi, Badan Penyuluhan Pertanian (BPP), sosialisasi, pupuk subsidi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 May 2024 23:39 | ||||||||
Last Modified: | 03 May 2024 23:39 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78477 |
Actions (login required)
View Item |