Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PEMASARAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA HUTAN MANGROVE DI DESA APAR KECAMATAN PARIAMAN UTARA

AMIA YULIARNI PUTRI, - (2024) KOMUNIKASI PEMASARAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA HUTAN MANGROVE DI DESA APAR KECAMATAN PARIAMAN UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Amia Yuliarni Putri Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Komunikasi Pamasaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Mempromosikan Objek Wisata Hutan Mangrove Di Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara Objek wisata hutan Mangrove menjadi daya tarik kawasan wisata yang berada di Kota Pariaman. Badan usaha milik Desa (BUMDes) Apar Mandiri berperan sebagai pengelola kawasan tersebut. Peran komunikasi pemasaran dapat menentukan bagaimana pesan yang akan disampaikan kepada calon wisatawan, promosi merupakan bentuk kegiatan pemasaran yang dapat dilakukan dan lebih efesien. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) dalam mempromosikan objek wisata hutan mangrove di Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara. Tori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bauran promosi menurut Kotler dan Amstrong yang terdiri dari iklan(Adversiting), promosi penjualan(Sales Promotion), Humas dan publikasi, penjualan personal(Personal Selling), Dan Penjualan langsung(Direct marketing). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan informan sebanyak enam orang. Hasil penelitian bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan Bumdes dalam mempromosikan objek wisata hutan mangrove adalah menerapkan periklanan yang menggunakan media sosial, media cetak, media elektronik, serta bekerjasama dengan media sosial Instagram Dispar Kota Pariaman. Promosi penjualan yang dilakukan yaitu membentuk paket wisata dan mengadakan pameran. Hubungan masyarakat dan publisitas yang dilakukan adalah melaksanakan event-event dan bekerjasama dengan pihak media untuk melakukan publisitas berita. Penjualan personal yang dilakukan adalah melalui mulut kemulut dan bekersama dengan biro travel dan Dispar Kota Pariaman. Pemasaran langsung yang dilakukan yaitu penjualan tiket melalui media online, website dan secara langsung ke lokasi Kawasan wisata. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Promosi, Bumdes, Wisata Hutan Mangrove.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAFDEADI, MA., -2025128202rafdeadizainal@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 May 2024 23:23
Last Modified: 03 May 2024 23:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78475

Actions (login required)

View Item View Item