Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPANMETODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU

NOVELIA ANGELY, - (2024) PENGARUH PENERAPANMETODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Novelia Angely, (2024) : Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar psikomotorik siswa dalam proses pembelajaran dan guru masih menggunakan strategi pembelajaran dengan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa antara metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dengan metode demonstrasi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru yang berjumlah 264 Siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini kelas X MIA 1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa antara penerapan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% (2,294 > 1,677) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) 0,026 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 82.00 lebih tinggi dari kelas kontrol 71.60. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs, Hasil Belajar Psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDrs. MARWAN, M.Pd, -2001046401marwan.uin68@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 May 2024 06:00
Last Modified: 02 May 2024 06:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78416

Actions (login required)

View Item View Item