Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI PARENTING SKILL DALAM AL-QUR’AN SURAT ALI-IMRAN AYAT 33-37 PERSPEKTIF TAFSIR

LATHIFAH ELNAZ, - (2024) NILAI-NILAI PARENTING SKILL DALAM AL-QUR’AN SURAT ALI-IMRAN AYAT 33-37 PERSPEKTIF TAFSIR. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Nilai-Nilai Parenting Skill Dalam Al-Qur’an Surat Ali-Imran Ayat 33-37 Perspektif Tafsir”. Parenting skill merupakan upaya yang dibuat orang tua untuk menjadikan anak sebagai manusia yang bertanggung jawab dan berkarakter baik. Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya orang tua yang tidak memahami bagaimana parenting skill yang baik. Banyak orang tua salah menerapkan parenting skill sehingga berdampak buruk pada perkembangan dan pertumbuhan anak. Al-Qur’an telah menjelaskan bagaimana parenting skill yang baik untuk anak dengan memberikan berbagai contoh teladan. Salah satunya keluarga Imran yang dijelaskan dalam QS. Ali-Imran ayat 33-37. Ia berhasil mendidik putrinya menjadi manusia yang mulia, patuh, dan taat kepada Allah SWT. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penafsiran QS. Ali-Imran ayat 33-37? (2) Bagaimana parenting skill yang dilakukan keluarga Imran terhadap anaknya berdasarkan QS. Ali-Imran ayat 33-37?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tematik (maudhu’i). Adapun sumber data primer dari penelitian ini berupa al-Qur’an, kitab Tafsir “Fi Zhilalil Qur’an” karya Sayyid Quthb, “Tafsir Al-Azhar” karya Buya Hamka, dan “Tafsir Al-Misbah” karya M. Quraish Shihab. Sedangkan sumber data sekunder dari penelitian ini merujuk kepada buku-buku, artikel, jurnal, skripsi, serta sumber bacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu keluarga Imran merupakan salah satu keluarga inspiratif yang disebut dalam al- Qur’an. Terdapat beberapa poin penting tentang parenting skill yang baik dalam QS. Ali-Imran ayat 33-37 diantaranya: memberikan nama yang baik, memohon perlindungan kepada Allah SWT, memberikan pendidikan dan lingkungan yang baik, memilih guru yang shalih dan shalihah, mengajak anak untuk selalu berinteraksi, mengajarkan anak untuk selalu bersyukur. Kata Kunci: Parenting skill; Al-Qur’an; Tafsir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJani Arni, S.Th.I., M.Ag, -2017018201Jani.arni@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAgus Firdaus Chandra, LC. MA, -2129088503agus.fidaus.chandra@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 02 May 2024 11:01
Last Modified: 02 May 2024 11:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78401

Actions (login required)

View Item View Item