Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROKRASTINASI PERSPEKTIF TAFSIR (Analisis Penafsiran QS. Al-Kahfi Ayat 23-24)

EVA RAHAYU, - (2024) PROKRASTINASI PERSPEKTIF TAFSIR (Analisis Penafsiran QS. Al-Kahfi Ayat 23-24). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAN IV HASIL DAN ANALISIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini yang berjudul “Prokrastinasi perspektif Tafsir (Analisis Penafsiran QS. Al-Kahfi Ayat 23-24)”. Prokrastinasi merupakan menunda dengan sengaja kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan secara sadar oleh individu meskipun ia tahu bahwa hal ini akan berdampak buruk pada masa depan. Prokrastinasi terbagi atas dua bentuk yakni Functional procrastination dan dysfunctional procrastination. Oleh karena itu, hadirnya penelitian bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai prokrastinasi melalui penafsiran QS AL-Kahfi ayat 23-24. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana penafsiran QS Al-Kahfi ayat 23-24? (2) bagaimana Prokrastinasi menurut perspektif ulama tafsir?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan metode kualitatif dengan sumber data primer merujuk kepada Al-Quran, kitab tafsir As-Sa’di karya Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, kitab tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka dan kitab tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab, sedangkan sumber data sekunder merujuk kepada buku-buku, artikel, jurnal, skripsi serta sumber bacaan lainnya yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan dari penjelasan ketiga kitab tafsir diatas dapat dipahami bahwa kita harus selalu menyertakan kalimat “InsyaAllah” dalam rencana kita dan pengharapan masa depan, surat Al-Kahfi ayat 23-24 menekankan pentingnya menghindari prokrastinasi atau mengesampingkan kewajiban dengan mengatakan “saya akan melakukannya besok” tanpa memperhatikan faktor-faktor di luar kendali kita. Prokrastinasi yang terdapat di konteks ayat tersebut merupakan bentuk penundaan Functional Procrastinasi, penundaan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan akurat. Kata kunci : Prokrastinasi, Al-Kahfi dan Penafsiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJANI ARNI,S.Th.I,M.Ag, -2017018201jani.arni@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAGUS FIRDAUS CHANDRA Lc, M.A, -2129088503agus.fidaus.chandra@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 02 May 2024 11:47
Last Modified: 02 May 2024 11:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78400

Actions (login required)

View Item View Item