STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT RAPP DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN

Ari Zulfikri, (2013) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT RAPP DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201311KOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi public relations sangat perlu untuk dijalankan oleh suatu organisasi atau instansi membentuk citra positif perusahaan. Pentingnya public relations selain sebagai penghubung dan penyampai informasi kepada masyarakat, juga merupakan alat pembentuk lingkungan simbolik bagi pemahaman masyarakat terhadap informasi-informasi dan kebijakan perusahaan. PT RAPP yang mempunyai visi dan misi menjadi perusahaan Pulp dan Kertas berskala dunia dengan manajemen dan kinerja terbaik berkelanjutan dan menjadi pilihan utama konsumen maupun karyawan. Strategi public relations dalam membangun citra positif inilah yang dikaji oleh penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi public relations PT RAPP dalam membangun citra positif perusahaan. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan yang dilakukan dalam metode penelitian tersebut yaitu pengumpulan data berdasarkan kenyataan di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut kemudian dilakukan analisa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan bidang Corporate Communication PT RAPP. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 3 orang, yaitu 1 orang kepala bidang Corporate Communication PT RAPP, 1 orang sub bidang Corporate Officer PT. RAPP dan 1 orang sub bidang Communication Officer Database PT RAPP. Dari hasil penelitian ini penulis mendapatkan kesimpulan bahwa strategi public relations PT RAPP dalam membangun citra positif perusahaan adalah melakukan kerjasama dengan Sarekat Pekerja (SP) dalam menghimpun opini publik yang beredar terhadap perusahaan, kemudian PT RAPP sering melakukan publikasi seperti pembuatan kalender, agenda iklan yang berisi profil perusahaan dan pengalihan isu dengan cara penyebaran informasi terhadap program-program Community Development (CD) dibidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lingkungan. Selain itu PT RAPP juga melakukan kerjasama dengan media, baik cetak maupun elektronik guna sebagai alat penyebaaran informasi kepada khalayak. Kemudian strategi khusus yang dimiliki PT RAPP dalam membangun citra positif perusahaan adalah dengan cara membentuk kelembagaan sebagai perpanjangan tangan PT RAPP di suatu Desa seperti LKD Segati, LKD Polu Kopung, LKD Sigaruntang, LKD Olak, LKD Lubuk Kembang Bungo, LKD Petodaan, LKD Dayun, LKD Pelalawan, LKD Gunung Sahilan, LKD Teluk Binjai, LKD Teluk Meranti. dimana lembaga ini berfungsi membantu menajalankan kegiatan-kegiatan Community Development (CD) PT RAPP. Dengan berbagai strategi ini PT RAPP mampu bertahan dan tetap berproduksi sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:14
Last Modified: 21 Sep 2016 19:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7839

Actions (login required)

View Item View Item