Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN KONSEP SMART GOVERNMENT PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI LAYANAN TERPADU (SILAT) SMART MADANI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PEKANBARU

SITI NURHAYATI, - (2024) PENERAPAN KONSEP SMART GOVERNMENT PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI LAYANAN TERPADU (SILAT) SMART MADANI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN KONSEP SMART GOVERNMENT PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI LAYANAN TERPADU (SILAT) SMART MADANI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PEKANBARU Oleh: Siti Nurhayati 12070522462 Pelayanan publik merupakan upaya negara dalam memenuhi kebutuhan dasar serta hak-hak sipil setiap warga negara yang disediakan oleh pihak penyelenggara pelayanan publik. Maka dari itu inovasi diperlukan sebagai bentuk pencerahaan dalam perubahan mewujudkan Good Governance, yang mana perubahan ini lah yang diperlukan sebagai implikasi dari lingkungan masyarakat yang mengikuti perkembangan zaman salah satu programnya yakni Smart City. Hal inilah yang membuat pemerintah Kementerian Agama Kota Pekanbaru mengeluarkan aplikasi layanan berbasis digital yakni SILAT Smart Madani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan Aplikasi SILAT Smart Madani di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru dan untuk mengetahui apakah faktor penghambat dalam penggunaan Aplikasi SILAT Smart Madani di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Dalam tulisan ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan aplikasi layanan SILAT Smart Madani. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan hal-hal khusus dengan data-data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi serta obsevasi, dan menganalisis dengan menggunakan indikator dari Smart Governement. Dengan hasil yang menyatakan bahwa 1) Belum maksimalnya penyebaran sosialisasi aplikasi layanan SILAT Smart Madani kepada masyarakat, 2) Kurangnya pengguna aplikasi SILAT Smart Madani khusunya pengguna dari masyarakat, dan 3) Masih belum ada kebijakan khusus kepada masyarakat yang menyatakan penggunaan aplikasi SILAT Smart Madani di Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Kata Kunci: SILAT Smart Madani; Smart City; Good Governance; Smart Government; Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorABDIANA ILOSA, S.AP., MPA, -2016078701Abdiana@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 27 Apr 2024 05:44
Last Modified: 27 Apr 2024 05:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78347

Actions (login required)

View Item View Item