Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU PAI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PEKANBARU

NINING SUNIARTI, - (2024) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU PAI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI NINING SUNIARTI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nining Suniarti (2024): Pengaruh pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) dan kompetensi Pedagogik guru terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembahasan mengenai kompetensi Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru secara parsial terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru dan seberapa besar Pengaruh Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru secara simultan terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di 16 SMA Negeri di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah 100 responden dari total populasi 150 Guru PAI. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan taraf signifikan 5% serta menggunakan aplikasi IBM SPSS 22 for Windows. Hasil yang diperoleh yaitu: 1) Terdapat pengaruh Kecerdasan intelektual (X1) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 24,1% dikarenakan t hitung = 2,325 > t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,022 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh Kecerdasan emosional (X2) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 24,9% dikarenakan t hitung = 2,016 > t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,047 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh Kecerdasan spiritual (X3) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 31,9% dikarenakan t hitung = 2,074> t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,041 < 0,05. 4) Terdapat pengaruh Kompetensi pedagogik Guru (X4) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 26,8% dikarenakan t hitung = 2,426> t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,017 < 0,05. 5) Terdapat pengaruh Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru secara simultan terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 42,0% dikarenakan F hitung = 18,9 24> F tabel = 2,70 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Kata kunci : Kecerdasan intelektual (IQ),kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Kompetensi Pedagogik Guru, Kinerja Mengajar Guru

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. Nazir, MA, -2021115301nazir@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDr. Khairil Anwar, M.Ag, -2013077402khairil.anwar@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:08
Last Modified: 25 Apr 2024 06:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78341

Actions (login required)

View Item View Item