NINING SUNIARTI, - (2024) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU PAI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI NINING SUNIARTI.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nining Suniarti (2024): Pengaruh pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) dan kompetensi Pedagogik guru terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembahasan mengenai kompetensi Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru secara parsial terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru dan seberapa besar Pengaruh Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru secara simultan terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di 16 SMA Negeri di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah 100 responden dari total populasi 150 Guru PAI. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan taraf signifikan 5% serta menggunakan aplikasi IBM SPSS 22 for Windows. Hasil yang diperoleh yaitu: 1) Terdapat pengaruh Kecerdasan intelektual (X1) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 24,1% dikarenakan t hitung = 2,325 > t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,022 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh Kecerdasan emosional (X2) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 24,9% dikarenakan t hitung = 2,016 > t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,047 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh Kecerdasan spiritual (X3) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 31,9% dikarenakan t hitung = 2,074> t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,041 < 0,05. 4) Terdapat pengaruh Kompetensi pedagogik Guru (X4) terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 26,8% dikarenakan t hitung = 2,426> t tabel = 1,9 85 dengan nilai signifikan 0,017 < 0,05. 5) Terdapat pengaruh Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan spiritual (SQ) dan Kompetensi pedagogik Guru secara simultan terhadap kinerja mengajar guru PAI SMA di Pekanbaru (Y) yang signifikan sebesar 42,0% dikarenakan F hitung = 18,9 24> F tabel = 2,70 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Kata kunci : Kecerdasan intelektual (IQ),kecerdasan emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Kompetensi Pedagogik Guru, Kinerja Mengajar Guru
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78341 |
Actions (login required)
View Item |