Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penggunaan Jin Perspektif Ibnu Taimiyah (Studi Analisis Kitab Tafsir al-Kabir)

AYU DIANATASYA, - (2024) Penggunaan Jin Perspektif Ibnu Taimiyah (Studi Analisis Kitab Tafsir al-Kabir). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Penggunaan Jin Perspektif Ibnu Taimiyah (Studi Analisis Kitab Tafsir al-Kabir). Penelitian ini di latar belakangi bahwa berhubungan dengan jin adalah sesuatu yang tidak wajar, tidak seperti hubungan antar sesama manusia, karena manusia tidak mampu melihat jin secara langsung, sedangkan para jin bisa melihat manusia, kalaupun terjadi hubungan tersebut dikhawatirkan mengarah kepada kesyirikan. Namun dalam hal ini Ibnu Taimiyah tidak terfokus kepada jin yang bernilai negatif saja, tetapi ada juga jin yang shalih dan bisa dimanfaatkan untuk ketaatan kepada Allah dan Rasulnya sebagaimana halnya sesama manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penafsiran Ibnu Taimiyah tentang ayat-ayat penggunaan jin dalam Tafsir al-Kabir dan bagaimana klasifikasi penggunaan jin menurut Ibnu Taimiyah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian library research, dengan menggunakan pendekatan analisis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Ibnu Taimiyah mengklasifikasikan penggunaan jin kepada tiga jenis. Pertama, manusia yang menggunakan jin dalam hal yang haram, sebagaimana penafsirannya Q.S. al-an’am ayat 128 dan Q.S. al-Jin ayat 6, bahwa adanya manusia dan jin yang saling menolong untuk berbuat dosa dan kejahatan, seperti orang yang mempercayai dukun dan paranormal. Kedua, manusia menggunakan jin dalam hal yang mubah ini sama seperti penggunaan nabi sulaiman yang memerintah jin yang tertera dalam Q.S. Saba’ ayat 12-13 dan anNaml ayat 17 dan 39, dan kisah jin yang menyerupai Ibnu Taimiyah untuk menyampaikan dakwah ajaran islam. Ketiga, manusia menggunakan jin untuk ibadah, seperti yang dilakukan Rasulullah saw kepada para jin dalam Q.S. al-Ahqaf ayat 29-32 dan Q.S. al-Jin ayat 1. Kata kunci: Penggunaan, Jin, Ibnu Taimiyah, Tafsir al-Kabir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLukmanul Hakim, S.Ud., M.IRKH, Ph.D, -2002058901man89th@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAgus Firdaus Chandra, Lc, MA, -2129088503agus.firdaus.chandra@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:46
Last Modified: 23 Apr 2024 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78320

Actions (login required)

View Item View Item