PELAKSANAAN ZAKAT PROFESI DOKTER SPESIALIS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA KOTA PEKANBARU)

Afrida Mardaleni, (2011) PELAKSANAAN ZAKAT PROFESI DOKTER SPESIALIS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011172.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah : PELAKSANAAN ZAKAT PROFESI DOKTER SPESIALIS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus diRumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Pekanbaru) Adapun permasalahan dalam skripsi ini yaitu pelaksanaan dalam perhitungan harta zakat profesi dokter spesialis di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Pekanbaru yang tidak sesuai dengan ketentuan Islam. Adapaun gaji dokter spesias Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota pekanbaru cukup besar, dalam satu bulan gaji, para dokter bersih mendapat Rp.15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Akan tetapi dokter spesialis Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Pekanbaru mengeluarkan zakat profesinya hanya 1,5% kepada LAZ RSI Ibnu Sina Kota Pekanbaru dari kadar zakat profesi yaitu 2,5%. Hal ini telah sering dilakukan dokter spesialis RSI Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan, yakni pelaksanaan zakat profesi dokter sprsialis oleh dokter Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Pekanbaru dan ditinjau menurut Hukum Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, studi dokumentasi, observasi sebagai data primer yang dihimpun dari dokter spesialis. Sedangkan data skunder adalah data yang diperoleh dari dari buku-buku, para amil zakat, hasil laporan penelitian, dan literature-literatur yang ada kaitannya dengan masalah ini. Setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif analisis. Setelah diketahui tentang pelaksanaan zakat tersebut, maka penulis meninjau dengan pandangan Hukum Islam dengan menampilkan nash-nash Al Qur’an dan Hadits untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian-uraian yang disajikan dan dari berbagai tinjauan, maka penulis memperoleh jawaban bahwa pelaksanaan zakat profesi dokter spesialis Rumah sakit Islam Ibnu Sina Kota Pekanbaru yang tidak membayar zakat penuh seperti yang telah ditetapkan yaitu 2,5%, ini adalah perbuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan syari’at Islam yang mendapat ancaman kelak dihari akhirat karena tidak dikeluarkannya zakat yang sesuai dengan ketentuan yang ada berarti mereka telah memakan harta yang bukan hak mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:01
Last Modified: 12 Jan 2016 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item