ANALISIS PENGARUH IKLAN KOSMETIK WARDAH DI TELEVISI SWASTA SCTV TERHADAP MINAT BELI SISWI JURUSAN TATA KECANTIKAN DI SMK NEGERI 3 PEKANBARU

Nafisatun Ni'mah, (2013) ANALISIS PENGARUH IKLAN KOSMETIK WARDAH DI TELEVISI SWASTA SCTV TERHADAP MINAT BELI SISWI JURUSAN TATA KECANTIKAN DI SMK NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013104KOM.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk mempromosikan barang atau jasa adalah dengan memasang iklan. Informasi mengenai barang atau jasa dapat dengan mudah diketahui secara langsung melalui iklan yang ditayangkan ditelevisi. Disamping itu iklan ditelevisi juga menjadi faktor penting bagi khalayak dalam menentukan pilihan terhadap barang yang akan dibeli. Seperti halnya PT Paragon Technology and Innovation menggunakan sarana iklan di televisi khususnya RCTI dan SCTV untuk memasarkan produk kosmetik Wardah sebagai salah satu cara menarik perhatian khalayak untuk membeli dan menggunkan produk tersebut. Adapun permasalahan dalam penelitian adalah penulis ingin mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan oleh iklan di televisi khususnya SCTV dalam mempengaruhi pengetahuan , sikap, tindakan dan faktor – faktor yang dapat menggerakkan konsumen dalam mengambil keputusan membeli, sehingga dapat diukur sejauh mana iklan kosmetik Wardah khususnya mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini diarahkan pada siswi jurusan tata kecantikan di SMK Negeri 3 Pekanbaru yang betujuan untuk mengetahui pengaruh iklan kosmetik Wardah terthadap minat beli siswi tersebut. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswi jurusan tata kecantikan tingkat 10, 11 dan 12. Sedangkan sampelnya berjumlah 60 orang responden, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Untuk mempermudah penelitian, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yaitu metode analisa yang berupa angka-angka. Data – data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner angket kemudian diolah dengan menggunakan program aplikasi SPPS (Statistical Product and Services Solution) versi 16.0. Selanjutnya data dianalisa dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X yaitu iklan kosmetik Wardah mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap minat beli siswi jurusan tata kecantikan di SMK Negeri 3 Pekanbaru, hal tersebut diketahui dari hasil koefesien regresi yaitu terdapat t-hitung 3.617 > ttabel 2.00 maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara iklan kosmetik Wardah di televisi RCTI dan SCTV terhadap minat beli siswi jurusan tata kecantikan di SMK Negeri 3 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 18:44
Last Modified: 21 Sep 2016 18:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item View Item