Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Pelaksanaan Program PNPM di Kecamatan Pangkalan Koto Baru

PERMATA AYUNDA HIDAYAT, - (2024) Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Pelaksanaan Program PNPM di Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

ABSTRAK Permata Ayunda Hidayat, (2024) Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Pelaksanaan Program PNPM di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi pada pelaksanaan PNPM (Program nasional pemberdayaan masyarakat) di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Sumatera barat dalam penelitian ini adanya tambahan biaya di akhir dan pemotongan biaya diawal dimana anggota yang melakukan peminjaman tidak menerima penuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan PNPM di Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan bagaimana tinjauan Fiqih Muamalah terhadap pelaksanaan PNPM di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program PNPM di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Sumatera Barat dan untuk mengetahui tinjauan Fiqih Muamalah terhadap pelaksanaan program PNPM di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kenagarian Tanjuang Balik Sumatera Barat. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu anggota kelompok PNPM (program nasional pmberdayaan Masyarakat). Populasi pada penelitian ini terdiri dari 6 kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 10 orang setiap kelompok. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling berjumlah 6 orang ketua setiap kelompok dan 2 orang perwakilan dari setiap anggota kelompok berjumlah 18 orang. Sumber data dari penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan PNPM khusunya dana bantuan langsung masyarakat yang diawali dengan pembentukan kelompok kemudian pengumpulan proposal yang dilakukan oleh anggota kelompok kemudian melakukan rapat MAN setelah itu baru verifikasi ke lapangan dan dilanjutkan dengan pencairan dana. Berdasarkan tinjauan fiqih muamalah pelaksanaan PNPM khusuhnya dana bantuan langsung masyarakat di kecamatan pangkalan koto baru ini belum memenuhi salah satu persaratan dalam akad qardh dan menurut pendapat ualam yusuf Qardhawi bahwa bentuk hutang piutang, pemberi pinjaman tidak mempunyai hak untuk menerima tambahan atas dan melebihi uang pokok. Yang artinya setiap pinjaman yang menysratkan adanya Kelebihan tanpa adanya kompensasi adalah bnetuk riba yang dilarang dalam agama. Kata kunci : Fiqih Muamalah, Qardh, Simpan Pinjam PNPM .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAhmad Adri Riva'i, M.Ag, -2023027301ahmadadririvai1973@gmail.com
Thesis advisorDra. Nurlaili, M.Si, -2005106701nurlaili@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:32
Last Modified: 04 Apr 2024 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78266

Actions (login required)

View Item View Item