Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA KECANTIKAN WANITA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN WARDAH EXCLUSIVE SERIES NEW EDITION)

Astri Suci Rahmadani, Astri (2024) MAKNA KECANTIKAN WANITA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN WARDAH EXCLUSIVE SERIES NEW EDITION). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Melalui iklan wardah Exclusive Series New Edition, kecantikan wanita digambarkan melalui asumsi pemikiran kecantikan wanita yang memiliki wajah mulus, putih, tidak berjerawat, tinggi, langsing, hidung mancung dan memperlihatkan keindahan dari sisi wanita. Banyaknya produk kosmetik yang hadir dan menciptakan konsep iklan berbeda. Diantaranya yaitu iklan Wardah Exclusive Series New Edition yang dibintangi oleh Darah Arafah sebagai model iklan. Dalam pemaknaan kecantikan wanita pada iklan peneliti menggunakan analisis semiotika menurut Roland Barthes dalam mengkaji makna yang terdapat dalam iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Dari sebuah analisis riset yang dilakukan, disimpulkan bahwasannya makna cantik secara denotatif pada iklan yaitu kulit putih, bersih, tidak berjerawat, hidung mancung, mata indah, bibir tipis dan sehat. makna kecantikan dari sisi konotatif dalam iklan yaitu berpakaian muslim dan berhijab merupakan bentuk fashion kecantikan modern, dari sisi kecantikan inner juga perlu di lihat kepintaran, memiliki aura positif, selalu melakukan dan mencontohkan prilaku dan aktivitas yang positif dari dalam diri. Mitos kecantikan yang sudah melekat pada masyarakat pada iklan tentunya membuat wanita cantik yaitu wanita yang bisa tampil indah dan fashionable baik itu dari sisi sudut pandang beauty outer dan beauty inner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYantos, S.IP., S.Si, -2022017101-
Uncontrolled Keywords: Kecantikan, Iklan, Wardah, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:18
Last Modified: 04 Apr 2024 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78251

Actions (login required)

View Item View Item