Ana Yulianti, Ana (2024) KREATIVITAS DALAM MARKETING PUBLIC RELATIONS PT. ROTTE RAGAM RASA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PT. Rotte Ragam Rasa adalah salah satu perusahaan produsen roti berlandaskan syariah yang berlokasi pusat di Kota Pekanbaru dan dikenal dengan merek Rotte Bakery. Melalui akun Instagramnya, Rotte Bakery mengutamakan kreativitas dalam taktik Marketing Public Relations untuk menghasilkan ide-ide yang kreatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas dalam Marketing Public Relations PT. Rotte Ragam Rasa melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas PT. Rotte Ragam Rasa dalam melakukan taktik Marketing Public Relations melalui media sosial Instagram mencakup empat dimensi konsep kreatif Mell Rhodes yaitu person, process, press, dan product. Adapun dalam pelaksanaan Marketing Public Relations di Instagram, PT. Rotte Ragam Rasa menerapkan tiga strategi Thomas L. Harris yaitu pull strategy, push strategy, dan pass strategy. PT. Rotte Ragam Rasa atau Rotte Bakery mengutamakan kreativitas dalam menarik perhatian konsumen (pull strategy) melalui kegiatan promosi dan periklanan di Instagram. Selain itu, untuk mendorong pembelian (push strategy), kreativitas Rotte Bakery juga diterapkan dalam pemberian pelayanan serta kepuasan konsumen. Untuk mempengaruhi dan menciptakan pandangan positif dari masyarakat (pass strategy), Rotte Bakery juga menerapkan kreativitas dengan mengadakan event, sponsorship, dan kegiatan sosial, yang keseluruhannya dipublikasikan di media sosial Instagram. Dengan segala bentuk kreativitasnya dalam melakukan Marketing Public Relations melalui media sosial Instagram, Rotte Bakery berhasil menarik perhatian konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Marketing Public Relations, Media Sosial Instagram | ||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2024 06:45 | ||||||||
Last Modified: | 04 Apr 2024 06:45 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78250 |
Actions (login required)
View Item |