Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POLA PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT DALAM MENGATASI KESENJANGAN SOSIAL PADA UNIT PENGUMPULAN ZAKAT (UPZ) DESA MANDIANGIN KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK

ALI MANSUR, - (2024) POLA PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT DALAM MENGATASI KESENJANGAN SOSIAL PADA UNIT PENGUMPULAN ZAKAT (UPZ) DESA MANDIANGIN KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ali Mansur Program Studi : Manajemen Dakwah Judul : Pola Pendistribusian dana Zakat dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial pada UPZ desa Mandiangin Kecamatan Minas Kabupaten Siak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pendistribusian dana zakat dalam mengatasi kesenjangan sosial pada UPZ desa Mandiangin Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui obserfasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dalam hasil penelitian ini adalah (1) Pola Pendistribusian dana zakat pada masyarakat yang mengalami kesenjangan sosial di desa Mandiangin Kecamatan Minas. Yang mana pendistribusian ini dikelola langsung oleh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) desa Mandiangin dengan adanya Lembaga tersebut maka Pola yang UPZ gunakan yaitu Pola konsumtif dan pola produktif. Pola konsumtif meliputi penyaluran sandang, pangan, dan papan diantaranya ialah pemberian sembako dan juga bisa berupa sejumlah uang tunai. Dan pola produktif meliputi penyaluran dana berupa jenis usaha bisa jadi pabrik tempe, menjual barang harian, ternak ikan lele dan jenis usaha lainnya tergantung dari kebijakan pihak UPZ. (2) Kesenjanga sosial pada desa Mandiangin Kecamatan Minas. Dalam hal kesenjangan sosial ini biasanya banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan yang pastinya dibidang perekonomian maka perlu adanya pendistribusian kepada masyarakat yang sangat membutuhkan terutama dibidang perekonomian tersebut. Kata Kunci: Pola Pendistribusian, Kesenjangan Sosial, Unit Pengumpulan Zakat (UPZ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. RAHMAN M. Ag, -2119097501rahman@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:14
Last Modified: 04 Apr 2024 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78249

Actions (login required)

View Item View Item