Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS DAKWAH MULTIMEDIA TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH PADA AKUN @arroyyan_unri

NURUL PITRI HASANAH, - (2024) ANALISIS DAKWAH MULTIMEDIA TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH PADA AKUN @arroyyan_unri. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nurul Pitri Hasanah Departement : Manajemen Dakwah Judul : Analisis Dakwah Multimedia Terhadap Efektivitas Dakwah Pada Akun @arroyyan_unri Penelitian ini menganalisis efektivitas dakwah online melalui media sosial yang dilakukan oleh salah satu organisasi dakwah Ukmi Ar Royyan (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar Royyan) melalui salah satu platform media sosial populer Instagram dengan nama akun @arroyyan_unri. Saat ini dakwah tidak lagi hanya dapat dinikmati oleh kelompok tertentu, pada waktu tertentu dan di tempat tertentu. Di era teknologi ini, siapapun bisa merasakan manfaat dakwah, kapanpun dan dimanapun melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif dakwah melalui akun Instagram yang dilakukan oleh Ukmi Ar Royyan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan dua teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi postingan konten Instagram @arroyyan_unri dengan total 15 postingan konten pada tanggal 26 Maret hingga 27 Juni 2023 dan kuesioner yang disebar secara online kepada 45 responden yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data untuk memperkuat hasil efektivitas pemberitaan media sosial yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dokumentasi berupa postingan konten Instagram @arroyyan_unri mendapatkan engagement yang tinggi pada postingan tentang pendidikan dan rata-rata yang diperoleh melalui perhitungan rumus sederhana P = F/N x 100% adalah 45% dan berkategori Baik . Hal ini sejalan dengan hasil data kuesioner yang dihitung menggunakan skala likert yang diperoleh hasil sebesar 75% dengan kategori efektif. Kata Kunci: Dakwah Multimedia, Dakwah Instagram, Efektivitas Dakwah, Ukmi Ar Royyan, @arroyyan_unri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. MASDUKI M. Ag, -2012067101Masduki@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:12
Last Modified: 04 Apr 2024 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78248

Actions (login required)

View Item View Item