PERANAN HUMAS PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) DALAM MENSOSIALISASIKAN HEMAT LISTRIK KEPADA MASYARAKAT DI PERUMNAS RUMBAI

Rendy Asmanto, (2013) PERANAN HUMAS PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) DALAM MENSOSIALISASIKAN HEMAT LISTRIK KEPADA MASYARAKAT DI PERUMNAS RUMBAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201307KOM.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERANAN HUMAS PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) DALAM MENSOSIALISASIKAN HEMAT LISTRIK KEPADA MASYARAKAT PERUMAHAN NASIONAL (PERUMNAS) RUMBAI”. Berkurangnya pasokan energi mengharuskan setiap individu untuk turut serta menghemat pemakaian energi, khususnya energi listrik. Hemat listrik merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah yang harus didukung oleh semua pihak khususnya PT.Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hemat listrik maka perlu diadakan sosialisasi. untuk melihat bagaimana sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Humas PT.PLN maka harus diadakan penelitian supaya mendapatkan hasil yang akurat Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; bagaimana peran humas PLN Cabang Rumbai dalam mensosialisasikan hemat listrik kepada masyarakat di Perumahan Nasional (Perumnas) Rumbai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana peranan humas PT. PLN Cabang Rumbai dalam mensosialisasikan hemat listrik kepada masyarakat di perumahan nasional (perumnas) Rumbai. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Humas PT.PLN Cabang Rumbai adalah sosialisasi secara langsung dengan masyarakat (face to face), pemasangan spanduk, baliho maupun iklan layanan masyarakat diberbagai media cetak dan elektronik, serta upaya peningkatan jumlan pelanggan listrik prabayar. Peranan humas dalam mensosialisasikan program hemat listrik adalah dengan mengkomunikasikan program hemat listrik kepada masyarakat, memastikan bahwa sosialisasi telah sampai kepada sasaran, memperkenalkan listrik prabayar sebagai produk hemat listrik, serta membuka saluran komunikasi tentang hemat listrik kepada masyarakat. Secara keseluruhan sosialisasi hemat listrik telah dijalankan secara berkseinambungan dan berjalan dengan baik. Namun peran masyarakat memberikan kontribusi yang sangat penting dalam mensukseskan program sosialisasi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 18:29
Last Modified: 21 Sep 2016 18:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7824

Actions (login required)

View Item View Item