Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

URGENSI ISLAMIC PARENTING DAN KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU

Yuliana Intan Lestari, YIL (2024) URGENSI ISLAMIC PARENTING DAN KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU. Disertasi thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Disertasi-Yuliana Intan Lestari-S3 PAI UIN Suska Riau (1).pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Disertasi-Yuliana Intan bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kajian ilmu pendidikan tidak terlepas dari pentingnya sebuah penelitian. Penelitian di dunia pendidikan saat ini berkembang sangat pesat dan luas, tidak hanya meneliti ranah kognitif tetapi mulai berkembang ke ranah afeksi, misalnya penelitian tentang karakter religius yang terealisasi pada ranah perilaku. Penelitian tentang karakter religius ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan peran remaja di masyarakat. Selain itu, masih minim penelitian sebelumnya yang meneliti secara bersamaan tentang faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi pembentukan karakter religius. Salah satu faktor eksternal yakni pola pengasuhan berdasarkan perspektif Islam. Adapun faktor internal yang mempengaruhi pembentukan karakter religius adalah kecerdasan emosional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara Islamic parenting dan kecerdasan emosional dengan karakter religius remaja. Penelitian ini dilakukan pada remaja akhir yakni mahasiswa. Pengumpulan data penelitian melalui skala Islamic parenting yang disusun penulis berdasarkan teori Nashih Ulwan (2006), skala kecerdasan emosional berdasarkan teori Ustman Najati (2004) dan skala karakter religius berdasarkan teori Ibnu Maskawaih (2004). Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan secara bersama-sama antara Islamic parenting dan kecerdasan emosional dengan karakter religius. Artinya hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Demikian pula hipotesis minor diterima, yakni terdapat korelasi yang sangat signifikan antara Islamic parenting dengan karakter religius dan terdapat korelasi antara kecerdasan emosional dengan karakter religius remaja. Artinya, semakin tinggi penerapan pola asuh Islami dari orang tua kepada remaja disertai dengan tingginya kecerdasan emosional mereka, maka semakin tinggi karakter religius yang terbentuk. Implikasi pada penelitian ini adalah urgensi dari pentingnya pola pengasuhan orang tua berdasarkan nilainilai Islam atau Islamic Parenting dan kecerdasan emosional remaja dapat diterapkan secara optimal untuk membentuk dan meningkatkan karakter religius.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. Hairunnas, M. Ag, -2028087201-
Thesis advisorDr. Khairil Anwar, M. A, -2013077402-
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:36
Last Modified: 01 Apr 2024 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78233

Actions (login required)

View Item View Item