Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN URUTAN NILAI LUHUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGANMEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 055 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Lili Suriani (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN URUTAN NILAI LUHUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGANMEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 055 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012193.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 055 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran urutan nilai luhur dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 055 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran urutan nilai luhur untuk meningkatkan hasil belajar IPS Pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Strategi Pembelajaran Urutan Nilai Luhur pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 12 orang (54,55) siswa yang tuntas, sedangkan 10 orang siswa (45,45%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 16 orang (72,73%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (27,27%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 86,36% atau sekitar 19 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran urutan nilai luhur, dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 055 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:46
Last Modified: 21 Sep 2016 13:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7823

Actions (login required)

View Item View Item