Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ LAGUBOTI KABUPATEN TOBA (Studi Living Qur’an)

DESI APRILIANI ARUAN, - (2024) METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ LAGUBOTI KABUPATEN TOBA (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul : “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Laguboti Kabupaten Toba (Studi Living Qur’an), dengan rumusan masalah : (1) Bagaimana Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Baca Tulis al- Qur’an di TPQ Laguboti Kabupaten Toba? dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an di TPQ Laguboti Kabupaten Toba? Metode penelitian : dilihat dari sumber data yang digunakan, penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan dilihat dari sifat data yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TPQ Laguboti yang beralamat Kelurahan, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba. Hasil penelitian: (1) Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Laguboti : pelaksanaan pembelajaran dengan metode talaqqi terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran baca tulis al- Qur’an dengan metode Talaqqi berpedoman pada RPP yang sudah dirancang oleh guru tersendiri. Pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an dengan metode talaqqi dimulai dengan melafalkan do’a sehari-hari atau surat pendek bersama-sama, kemudian masuk materi guru membacakan serta menjelaskan, sedangkan siswa menyimak pada buku/ al-Qur’an. (2) Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an adalah kondisi psikologis santri yang selalu bersemangat mengikuti pelajaran serta media yang mudah dipahami oleh para santri. Sedangkan faktor penghambat yaitu orang tua santri yang belum bisa membaca al-Qur’an. Peran orang tua merupakan kunci utama dalam keberhasilan pendidikan seorang anak mengingat bahwa banyaknya waktu luang yang dihabiskan anak selama berada di rumah. Kata Kunci :Implementasi, Metode Talaqqi dan TPQ Laguboti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. H.Khairunnas Jamal, M.Ag, -2005117301irunjamal@gmail.com
Thesis advisorSuja'i Sarifandi, M.Ag, -2005037001asyuja@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 01 Apr 2024 05:26
Last Modified: 01 Apr 2024 05:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78228

Actions (login required)

View Item View Item