Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN ORANG TUA DALAM PEMENUHAN HAK ANAK MENURUT PERDA KOTA PEKANBARU NOMOR 7 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN KOTA LAYAK ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Kel. Tangkerang Selatan Kec. Bukit Raya Kota Pekanbaru)

LUKMANUL HAKIM, - (2024) PERAN ORANG TUA DALAM PEMENUHAN HAK ANAK MENURUT PERDA KOTA PEKANBARU NOMOR 7 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN KOTA LAYAK ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Kel. Tangkerang Selatan Kec. Bukit Raya Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DNA PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah perlindungan hukum terhadap anak dalam perspektif hukum islam. Adapun jenis penelitian ini adalah metode pendekatan Yuridis Empiris atau termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan secara non doktriner, yang memandang hukum sebagai gejala sosio empirik yang teramati dalam pengalaman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan tipe penggabungan antara penelitian hukum normatif dengan penelitian hukum sosiologis yang terkait pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak dalam perspektif hukum islam. Populasi pada penelitian ini berjumlah 336 orang dan sampel berjumlah 9 orang. Hasil penelitian menunjukan perlindungan hukum terhadap anak dalam perspektif Hak Asasi Manusia pada hakikatnya adalah suatu upaya yang dilakukan oleh orang tua, pemerintah dan masyarakat untuk memenuhi dan menjamin segala hak anak yang telah di jamin dalam konvensi hak anak, Undangundang No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Diharapkan kepada orang tua untuk lebih mendukung anaknya dalam hal pendidikan, karena pendidikan dapat mempengaruhi tingkat perkembangan karakter dan perkembangan sosial anak. 2) Diharapkan kepada orang tua untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak. 3) Diharapkan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan apa saja hak anak yang harus dijaga, dipenuhi, dan dilindungi. 4) Diharapkan kepada pemerintah agar mensosialisasikan hak anak yang harus dijaga, dipenuhi, dan dilindungi oleh masyarakat khususnya orang tua. Kata Kunci : Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMarzuki, M.Ag, -2009057101famahanjar@gmail.com
UNSPECIFIEDHairul Amri, M.Ag, -2023087301hairul.amri@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:13
Last Modified: 28 Mar 2024 06:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78224

Actions (login required)

View Item View Item