Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI PARA ISTRI TERHADAP PENYEBARLUASAN KONFLIK RUMAH TANGGA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Desa Seberang Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir )

NURHIKMAH, - (2024) PERSEPSI PARA ISTRI TERHADAP PENYEBARLUASAN KONFLIK RUMAH TANGGA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi Desa Seberang Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHIKMAH.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhikmah(2024): Persepsi Para Istri Terhadap Penyebarluasan Konflik Rumah Tangga Di Media Sosial Facebook Perspektif Hukum Islam (Studi Desa Seberang Pebenaan, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir ) Facebook adalah suatu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan ibu rumah tangga khususnya di Desa Seberang Pebenaan dimana dalam media sosial ini para istri cenderung melakukan curhat di Facebook yang berisi tentang mengumbar aib atau konflik yang terjadi didalam rumah tangga. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi para istri terhadap penyebarluasan konflik media sosial Facebook di Desa Seberang Pebenaan dan bagaimana Perspektif hukum islam terhadap Persepsi para istri terhadap penyebarluasan konflik rumah tangga di media sosial Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Desa Seberang Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir, Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 5 istri, dan sampel berjumlah 5 istri dengan menggunakan Teknik total sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah istri yang mengumbar konflik rumah tangga di Facebook, Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah persepsi para istri terhadap penyebarluasan konflik rumah tangga oleh istri di Facebook pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah data primer dan data-data sekunder yang dianalisa menggunakan analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa persepsi para istri terhadap penyebarluasan konflik rumah tangga Di Desa Seberang Pebenaan, yaitu persepsi para istri tersebut dengan mengumbar permasalahan rumah tangganya di facebook merupakan suatu cara untuk melampiaskan emosinya, serta ingin mendapatkan perhatian dan solusi dari teman-teman Facebooknya. Karena konflik tersebut tidak mampu diselesaikan diantara pasangannya sehingga persepsi para istri tersebut dengan mengumbar konflik rumah tangganya merupakan solusi bagi para istri tersebut. Namun hal ini menjadi masalah baru dalam rumah tangga mereka karena suami mereka makin marah dan tidak mau menyelesaikan masalah. Menurut perspektif Hukum Islam, persepsi dan sikap istri yang menyebarkan masalah rumah tangga di Facebook bisa berakibat membuka dan makin memperlebar perselisihan atau bahkan perceraian, maka dalam hal ini dilarang (haram) untuk dilakukan. Terdapat ketentuan didalam al-Quran dan hadits keharusan untuk menutupi aib rumah tangga, dan juga terdapat dalam kaidah ushul (sadd- dzariah dan dzar’ul al-mafasid). Kata kunci : Rumah tangga, Konflik, Aib, Facebook, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfrizal Ahmad, M.Sy, -2020057403afrizalahmad74@gmail.com
Thesis advisorM. abdi almaktsur, S,Ag., MA, -2001077201abdialmaktsur@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:41
Last Modified: 28 Mar 2024 05:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78223

Actions (login required)

View Item View Item