Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 024 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Nurhas Maharani (2012) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ACTING OUT UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 024 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012166.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keberanian belajar murid pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah melalui teknik pembelajaran Acting Out dapat meningkatkan keberanian murid mempertahankan kemerdekaan Indonesia Pada Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subyek dalam penelitian ini adalah murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah murid sebanyak 16 orang. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Acting Out untuk meningkatkan keberanian murid Pada Ilmu Pengetahuan Sosial materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keberanian belajar murid dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan keberanian belajar murid hanya mencapai rata-rata persentase 52,08%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keberanian belajar murid meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 61,8% atau keberanian belajar murid tergolong “Cukup Tinggi” karena 61,8% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,8% atau keberanian belajar murid telah tergolong “Tinggi” karena 77,8% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan murid telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 16,0%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui teknik pembelajaran Acting Out dapat meningkatkan keberanian murid Pada Ilmu Pengetahuan Sosial materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:44
Last Modified: 21 Sep 2016 13:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7822

Actions (login required)

View Item View Item