BRYAN CLAUDYA, BRYAN (2024) PENGARUH MULTI LEVEL MARKETING BUSINESS TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MITRA PADA PT. MAHKOTA SUKSES INDONESIA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
COVER, BAB I-III & DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB IV-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Bisnis Multi Level Marketing Memainkan peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan mitranya dengan menerapkan sistem pemasaran modern dan konsep syariah pada bisnis dan produknya. Fokus penelitian ini adalah tentang bisnis multi Level Marketing dan Peningkatan kesejahteraan. Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah bisnis Multi Level Marketing PT. Mahkota Sukses Indonesia berpengaruh dalam meningkatkan Kesejahteraan Mitra 2. Bagaimana pandangan Ekonomi Syariah terhadap bisnis MLM PT. Mahkota Sukses Indonesia Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara lansung dilapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan simple random samling dengan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Kuisioner (angket) dan Dokumentasi. Adapun hasil uji dari data yang terkumpul sebanyak 53 responden dengan popolasi sebanyak 115 orang dengan jumlah pertanyaan sebanyak 23 item dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk melanjutkan pengelolaan data pada penelitian ini dengan menggunakan Regresi Linear Sederhana dalam menganalis datanya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan persamaan regresi linear sederhana, yaitu : Y = 15,699 + 0,939X, artinya bahwa Multi Level Marketing berpengaruh positif terhadap peningkatan Kesejahteraan. Kemudian hal ini diuji menggunakan uji t dimana nilai t hitung sebesar 7,245. Dengan t hitung > t tabel pada tingkat signifikansi sebesar 5% (53;2) yaitu 7,245>1.675. yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara Multi Level Marketing terhadap peningkatan pendapatan mitra PT. Mahkota Sukses Indonesia. Pada hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai (R2) sebesar 0,507. Artinya kontribusi Multi Level Marketing terhadap variabel Peningkatan Kesejahteraan adalah 50,7%, sedangkan sisanya sebesar 49,3% perubahan nilai variabel dependen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Dalam perspektif ekonomi syariah kegiatan penjualan atau bertransaksi menggunakan sistem MLM PT. Mahkota Sukses Indonesia diperbolehkan selama tidak melanngar aturan bertransaksi yang telah ditetapkan dalam Islam, beberapa diantaranya terhindar dari riba, maysir, jahalah, gharar dan larangan bertransaksi lainnya dan sudah terdaftar pada Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia dan Tersertifikasi MUI Kata Kunci : Multi Level Marketing Dan Peningkatan Kesejahteraan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 06:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 06:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78212 |
Actions (login required)
View Item |