Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU

Fitri Henni (2012) PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012162.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Twister dalam pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Instrumen penelitian terdiri atas perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan kartu soal, dan instrumen pengumpul data yang terdiri dari lembar pengamatan terstruktur dan terfokus serta tes hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Adapun data yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menghitung persentase ketercapaian KKM indikator hasil belajar serta data keberhasilan tindakan dan pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa dianalisis tiap siklus sebagai refleksi dari keseluruhan aspek yang diamati. Hasil penelitian setelah dilakukan penerapan Twister dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan geometri dan pengukuran mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase jumlah siswa yang mencapai KKM setelah tindakan dibandingkan dengan sebelum tindakan. Persentase ketercapaian KKM pada siklus I adalah 55,56% (10 orang) dan siklus II adalah 77,78% (14 orang) lebih baik dibanding sebelum tindakan yaitu 44,45% (8 orang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:42
Last Modified: 21 Sep 2016 13:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7821

Actions (login required)

View Item View Item