Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FILOSOFIS MATERI BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH DALAM KONTEKS MODERASI BERAGAMA

JUNI ERPIDA NASUTION, - (2024) ANALISIS FILOSOFIS MATERI BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH DALAM KONTEKS MODERASI BERAGAMA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI JUNI ERPIDA NASUTION.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Juni Erpida Nasution : Analisis filosofis materi buku ajar Pendidikan Agama Islam madrasah dalam konteks moderasi beragama. Pengarusutamaan moderasi beragama di Indonesia khususnya di lembaga pendidikan oleh Kementerian Agama merupakan respon dari semakin meningkatnya pemahaman Islam yang ekstrim. Pemahaman ekstrim itu juga ditemukan dalam beberapa materi PAI di madrasah, untuk itu analisis materi ajar harus dilakukan. Muatan materi moderasi beragama dalam buku ajar PAI ini juga perlu dianalisis secara filosofis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengelaborasi penyajian analisis filosofis buku teks PAI di madrasah dan mendeskripsikan materi ajar PAI madrasah yang tidak sesuai dengan moderasi beragama. Penelitian ini termasuk penelitian library research. Metode penelitian yang digunakan yaitu Critical Discourse Analysis (CDA) dengan pendekatan analisis hermeneutika-fenomenologi. Hasil penelitian ini antara lain: 1. Dalam buku teks PAI ditemukan isi materi tidak sesuai dengan prinsip moderasi beragama yakni memuat materi radikalisme, intoleran dan ekstrimisme; 2. Dalam perspektif filsafat ada 14 kriteria dalam penyusunan materi ajar yang baik, yakni 1) perspektif filsafat idealisme 6 kriteria (refleksi nilai-nilai dan ide, fokus kreativitas, penekanan pada etika dan moralitas, realitas sebagai produk pikiran, fleksibilitas berpikir dan interpretasi beragam, fokus pembentukan karakter); 2) Perspektif filsafat fragmatisme 4 kriteria (relevan dengan kebutuhan siswa, tidak terjadi pengulangan ataupun penjelasan materi yang mubazir, efisien dan efektif, melatih berpikir sistematis, kritis, kreatif, progresif dan solutif); 3) Perspektif filsafat perenialisme 4 kriteria (mengadopsi nilai-nilai universal, pembentukan karakter dan etika, mendorong terbentuknya keterampilan intelektual, guru memiliki peran sentral); 4) Perspektif rekonstruksionisme 4 kriteria (materi ajar berbasis kebutuhan siswa, mendorong keaktifan siswa, konstruksi pengetahuan, mempertimbangkan aspek sosial budaya); 3. Materi ajar Fiqh memenuhi 12 kriteria, sedangkan mataeri ajar SKI memenuhi 9 kriteria. 14 kriteria di atas selaras dengan prinsip prinsip moderasi beragama yakni komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal yang mana dalam materi PAI masih terdapat teks-teks yang mengandung radikalisme dan intoleransi serta exsterimisme. Kebaruan dalam penelitian ini adalah: 1) materi ajar mempengaruhi pemahaman dan sikap individu terhadap agama dan moderasi beragama serta berimplikasi kepada masyarakat tentang pemahaman moderasi beragama; 2) dalam perspektif filsafat ditemukan 14 kriteria untuk menyusun materi ajar yang baik yang dapat dimanfaatkan para penulis buku ajar. Kata Kunci : Analisis Filosofis Materi Ajar, Buku Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama, Radikalisme, Intoleransi, Exstrimisme

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. Amril Mansur, MA, -2031125601amrilm@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDr. Abu Bakar, M.Pd, -2003085801abu.bakar@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:10
Last Modified: 28 Mar 2024 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78207

Actions (login required)

View Item View Item