Melda Riyanti, Melda (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI I KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
Abstract
Student Facilitator And Explaining ( SFAE ) merupakan rangkaian penyajian meteri ajar yang diawali dengan penjelasan secara terbuka, memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan kembali ke rekan – rekannya, dan diakhiri dengan penyampaian materi kepada siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent control grup design. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa dalam belajar pada kelas Eksperimen yang menggunakan model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining ( SFAE ) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa / siswi kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir dengan jumlah siswa 288 orang terdapat dalam 9 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.E sebagai kelas kontrol dan kelas X.G sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t di atas diperoleh nilai t hitung variabel sebesar 2,697 dengan signifikan sebesar 0,009, hal ini berarti bahwa t hitung > t tabel sebesar ( 2,697 > 1,99006) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) berpengaruh signifikan terhadap meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X SMA Negeri I kecamatan kateman Kabupaten Indragiri Hilir. Selanjutnya didukung oleh paired samples test (uji hipotesis) yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X SMA Negeri I kecamatan kateman Kabupaten Indragiri Hilir
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Student Facilitator And Explaining (SFAE), Hasil belajar | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi | ||||||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2024 04:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Mar 2024 04:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78205 |
Actions (login required)
View Item |