Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS III SD NEGERI 030 TAMPAN PEKANBARU

Erfina (2012) PENERAPAN STRATEGI PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS III SD NEGERI 030 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012160.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid dalam pelajaran matematika kelas III SD Negeri 030 Tampan Pekanbaru melalui penerapan strategi pembelajaran prediction guide. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas III C SD Negeri 030 Tampan Pekanbaru tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah murid sebanyak 42 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran prediction guide untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas III SD Negeri 030 Tampan Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian I dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian II. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi Prediction Guide dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas III C SD Negeri 030 Tampan Pekanbaru. Ketuntasan hasil belajar murid sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 47%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar murid setelah tindakan pada siklus I adalah 61,90% dan persentase hasil belajar murid siklus II adalah 78,57%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah murid, artinya seluruh murid telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran prediction guide dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas III C SD Negeri 030 Tampan Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:40
Last Modified: 21 Sep 2016 13:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7820

Actions (login required)

View Item View Item