STUDI DESKRIFTIF TENTANG KEMAMPUAN PENUTURAN HURUF-HURUF ARAB YANG BERDEKATAN BUNYINYA PADA SISWA-SISWI MUSLIM DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU

Wahyu Mualli Bone, (2011) STUDI DESKRIFTIF TENTANG KEMAMPUAN PENUTURAN HURUF-HURUF ARAB YANG BERDEKATAN BUNYINYA PADA SISWA-SISWI MUSLIM DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011841.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagai mana kemahiran siswa-siswi muslim SMA Negeri 5 dalam menuturkan huruf-huruf arab yang dekat bunyinya, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Adapun permasalahan didalam penelitian ini adalah bagaimana kemahiran siswa-siswi dalam menuturkan huruf-huruf arab yang dekat bunyinya. Penelitian ini dilaksanakan didalam kelas dengan cara memberikan tes membaca teks percakapan bahasa arab, dan huruf yang peneliti siapkan sebanyak dua lembar. Sedangkan dalam teks tersebut terdapat huruf-huruf Arab yang dekat bunyinya. Kemudian peneliti juga memberikan angket kepada siswa-siswi yang menjadi sampel dan kedua dua orang guru Bahasa Arab untuk mengetahui factor faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kemahiran siswa-siwi tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas dua SMA Negeri 5 pekanbaru tahun ajaran 2010-2011. Berhubung jumlah mereka cukup banyak yaitu 329 orang, maka peneliti mengambil sampel sebanyak 30 orang,15 orang dari kelas II.A dan 15 orang dari kelas II.B. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan angket. Analisis statistik yang digunakan untuk tes “t” menggunakan rumus: = √ √ Setelah data di analisis dengan rumus statistik tersebut, kemudian peneliti membandingkan to dengan tt dengan to = 5,133 berati besar dari tt baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% (2,04 < 5,133 berarti> 2,75). Maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan signifikan antara kemahiran sisws-siswi SMU Negeri 5 pekanbaru kelas II.A dan kelas II.B dalam menuturkan huruf-huruf Arab yang dekat bunyinya. Dan terlebih khususnya lagi ada perbedaan yang signifikan kemahiran antara masing-masing indifidu tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:03
Last Modified: 12 Jan 2016 09:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item