Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MURTAD DAN PENGARUHNYA TERHADAP EKSISTENSI NIKAH PERSPEKTIF ISLAM

KHAIRUL ANWAR, - (2024) MURTAD DAN PENGARUHNYA TERHADAP EKSISTENSI NIKAH PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN DISERTASI KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Khairul Anwar (2024): Murtad Dan Pengaruhnya Terhadap EksitensiNikah Perspektif Islam Penelitian ini berdasarkan beberapa ketentuan yaitu adanya kasus tersebut dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang hal itu, berangkat dari ketentuan tersebut maka penulis bisa melakukan peneitian dengan judul di atas, permasalahan tentang riddah dalam studi pernikahan dan perceraian sudah terjadi seperti akibat hukum dari riddah mengakibatkan fasakh yaitu pembatalan pernikahan dan perceraian namun karena tidak semua mengetahui permasalahan tersebut jadi masyarakat menganggap penyebab perceraian hanya seputar KDRT, Ekonomi dan lain sebagainya. Riddah juga bisa mengancam keharmonisan rumah tangga jadi dari situlah penulis melakukan penelitian mengenai ini dengan tujuan masyarakat bisa mengetahui lebih lanjut dan detail tentang permasalahan yang disebabkan oleh riddah. Penulis menggunakan jenis penelitian Study Pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan penulis adalah data primer dan data skunder. Sumber Primer dalam penelitian ini adalah Ringkasan Kitab Sullam at- Taufiq karya Dr. Asy’ari Masduki, Buku KHI dan Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974. Sumber sekunder dalam penelitian ini dapat diperoleh dari buku-buku, artikel, jurnal, undang-undang yang terkait dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini yang pertama bagaimana konsep riddah menjadi fasakh nikah dan penyebab putusnya perkawinan, Tentu adanya ketentuan-ketentuan dari riddah yang menjadikan batalnya perkawinan, Kedua mengenai pertimbangan hakim dalam memutuskan perceraian akibat riddah, hakim harus meninjau dan memeriksa dengan teliti dalam masalah ini dan yang ketiga adalah tentang eksistensi pernikahan akibat riddah, bagaimana pernikahan tersebut setelah salah satu riddah Apakah pernikahan berlanjut atau pernikahan diambang perceraian. Novelty dari disertasi ini bahwa fasakh nikah berbeda dengan cerai, dan adanya perbedaan pada cara penerapan hukum fikih yang langsung fasakh atau mauquf dengan hukum positif yang menggunakan proses pengadilan. Kata Kunci: Perkawinan, Fasakh, Perceraian, Kompilasi Hukum Islam, Riddah, Pengadilan, Hakim, Putusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. ALAIDDIN KOTO, MA, -2012025401alaiddin.koto@gmail.com
Thesis advisorDr. H. KHAIRUNNAS JAMAL, M.Ag, -2005117301irunjamal@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:52
Last Modified: 28 Mar 2024 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78198

Actions (login required)

View Item View Item