NOVITA APRIANI, - (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTS AL-FAJAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
BSTRAK Novita Apriani (2024) :PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTS AL FAJAR Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti metode mind mapping pada materi pencemaran lingkungan smp/mts. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Fajar. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode mind mapping. Pengumpulan data melalui soal tes keterampilan berpikir kreatif. Data hasil posttest peserta didik dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran metode mind mapping diketahui dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan Mann Whitney maka diketahui bahwa nilai sig 0,000. Nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 22:36 | ||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2024 22:36 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78191 |
Actions (login required)
View Item |