MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Salmah (2012) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012157.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi sumber daya alam di kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran Sains Materi Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui strategi belajar berpasangan sampai berempat. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi belajar berpasangan sampai berempat untuk meningkatkan keaktifan belajar Sains pada materi sumber daya alam. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I ini keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Tinggi”, dengan skor 69 berada pada rentang 60 – 89. Walaupun keaktifan belajar siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih mencapai 57,50% atau belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”, dengan skor 95 berada pada rentang 60 – 89. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus II ini telah mencapai 79,17% atau telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi belajar berpasangan sampai berempat, dapat meningkatkan keaktifan belajar Sains pada materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:39
Last Modified: 21 Sep 2016 13:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7819

Actions (login required)

View Item View Item