Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI MANTEL SANG AHLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI URUTAN BILANGAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 011 BUKIT KRATAI KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Lailatul Husnah (2012) PENERAPAN STRATEGI MANTEL SANG AHLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI URUTAN BILANGAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 011 BUKIT KRATAI KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012146.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi mantel sang ahli tentang urutan bilangan pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri 011 Bukit Kratai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 011 Bukit Kratai yang berjumlah 32 orang, 15 laki-laki dan 17 perempuan. Sedangkan pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah urutan bilangan dan obyek penelitian ini adalah strategi mantel sang ahli untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa sebelum tindakan, dan nilai tes hasil belajar setelah tindakan dengan menggunakan strategi mantel sang ahli pada mata pelajaran matematika pada materi urutan bilangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data ini yang menjadi observer adalah Fauziah Nur, S.Pd, guru Sekolah Dasar Negeri 011 Bukit Kratai. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua kali pertemuan (dua siklus). Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan strategi mantel sang ahli. Dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) sebelum tindakan lebih kecil dari mean setelah tindakan, dimana mean sebelum tindakan 51,56 dan mean setelah tindakan pada siklus I 65,31 dan siklus II 75,31 pada siklus II telah terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi mantel sang ahli dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi urutan bilangan pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 011 Bukit Kratai Kecamatan Rumbio Jaya Kabuptaen Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:37
Last Modified: 21 Sep 2016 13:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item View Item