MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI STRATEGI DISKUSI MEJA BUNDAR MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 020 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Masrianto, (2012) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI STRATEGI DISKUSI MEJA BUNDAR MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 020 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012114.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kekatifan belajar Murid pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Penerapan strategi diskusi meja bundar dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah murid sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi diskusi meja bundar untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika. Penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berhasilnya penerapan strategi diskusi meja bundar pada mata pelajaran matematika, diketahui adanya peningkatan keaktifan belajar Murid dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar murid berada pada klasifikasi “Kurang Aktif”. Skor yang diperoleh adalah 49 dengan rata-rata persentase 49.0%. setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar Murid meningkat yaitu pada siklus I (Pertemuan 1 dan 2) berada pada klasifikasi “Aktif”. Skor yang diperoleh adalah 59 berada pada interval 50 -74, dengan rata-rata persentase 58,5%. Sedangkan pada Siklus II telah tergolong sangat aktif, kemudian dari segi skor keaktifan belajar murid telah mencapai 78 berada antara skor 75 – 100. Dan dari segi persentase, keaktifan belajar murid juga telah mencapai 75%, yatu dengan rata-rata pesentase 77,5%. Dengan demikian pada siklus II keaktifan belajar murid baik dari segi skor maupun persentase, keaktifan belajar murid telah dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:34
Last Modified: 21 Sep 2016 13:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7817

Actions (login required)

View Item View Item