AININDA LAILY ELSYA, - (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK ATAS INFORMASI BENAR DAN JELAS PENGGUNAAN LABEL HARGA DI INDOMARET KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya permasalahan hak konsumen atas informasi benar dan jelas harga produk yang terjadi ketika konsumen ingin melakukan pembayaran pada kasir. Pada saat harga yang disebutkan oleh kasir tidak sesuai dengan harga yang tercantum pada price tag atau label harga pada rak, hal ini tidak mematuhi aturan yang telah dibuat mengenai pencantuman label harga yang ada pada Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan konsumen terhadap hak atas informasi benar dan jelas penggunaan label harga di Indomaret Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru dan apa saja hambatan yang terjadi dalam perlindungan konsumen terhadap hak atas informasi benar dan jelas penggunaan label harga di Indomaret Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang mana peneliti turun langsung ke lapangan, dan melalui pendekatan secara yuridis empiris, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan perlindungan konsumen terhadap hak atas informasi benar dan jelas penggunaan label harga di Indomaret Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Implementasinya mencakup beberapa langkah, seperti konsumen berhak melaporkan kasus ketidakjelasan dan kebenaran informasi pada label harga kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) kemudian BPSK akan menegakkan dan menyelesaikan perkara dari kasusnya. amanat yang sudah ada pada Undang-Undang Perlindungan Konsumen seringkali memiliki hambatan pelaksanaannya. Banyak konsumen yang enggan melaporkan tindakan curang pelaku usaha kepada BPSK, hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti biaya penyelesaian perkara yang dianggap tinggi dan dianggap tidak sebanding dengan nilai barang yang dibeli. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Hak Atas Informasi Benar dan Jelas, Indomaret
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2024 05:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2024 05:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78160 |
Actions (login required)
View Item |