MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS III.D SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TAMPAN

Rini Hernita, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS III.D SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TAMPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012106.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran partisipatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika dengan pokok bahasan pecahan sederhana di Kelas III.D Sekolah Dasar Negeri 017 Tampan Kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Penerapan Model Pembelajaran Partisipatif dapat Meningkat Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pecahan Kelas III.D Sekolah Dasar Negeri 017 Tampan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III.D Sekolah Dasar Negeri 017 Tampan yang berjumlah 43 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah model pendekatan partisipatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa sebelum tindakan, dan hasil belajar siswa setelah tindakan dengan menggunakan model pembelajaran partisipatif pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan pecahan sederhana. Nilai sebelum tindakan diperoleh dari nilai ulangan siswa. Sedangkan nilai sesudah tindakan diambil dengan memberi soal setelah diterapkan model pembelajaran partisipatif. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan pecahan sederhana pada siswa kalas III.D SDN 017 Tampan, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Nilai ulangan sebelum tindakan dengan rata-rata 55,81 dan ketuntasan klasikal 35%. (2) Nilai ulangan siklus I sesudah tindakan dengan rata-rata 72,09 dan ketuntasan klasikal 70%. dan (3) Nilai ulangan siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 82,79 dan ketuntasan klasikal 93%. Dengan demikian, dari hasil tindakan diatas dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran partisipatif meningkat pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:33
Last Modified: 21 Sep 2016 13:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7816

Actions (login required)

View Item View Item