Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DIFUSI INOVASI PENGGUNAAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU

Herfina Amalia, Herfina (2024) DIFUSI INOVASI PENGGUNAAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Identitas Kependudukan Digital merupakan wujud digitalisasi dokumen kependudukan, representasi KTP dan KK melalui smartphone. inovasi ini hadir sebagai solusi permasalahan pengadaan blangko KTP, keluhan KTP hilang, rusak, serta pemalsuan dokumen kependudukan. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan proses difusi inovasi penggunaan aplikasi Identitas Kependudukan Digital oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Identitas Kependudukan Digital merupakan data kependudukan berbasis online yang memberikan kemudahan akses dan verifikasi data dengan basis keamanan yang dimuat dalam smartphone. Namun, hingga saat ini penerapannya masih belum optimal. Proses difusi dimulai pada Januari 2023 hingga saat ini dengan melakukan sosialiasasi secara struktural dari pemerintah kota Pekanbaru UPTD Kecamatan, RT/RW, hingga masyarakat dan melalui media sosial serta media massa dan media sosial Disdukcapil Kota Pekanbaru. Sistem sosial yang terlibat meliputi Kementrian Dalam Negeri, Disdukcapil Kota Pekanbaru, UPTD Kecamatan, dan seluruh lapisan masyarakat sebagai calon adaptor. Hinga saat ini pengguna aplikasi IKD mencapai 8% dari jumlah penduduk wajib EKTP, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi kegunaan belum optimal, karakteristik inovasi, serta kebijakan dan regulasi pemerintah. Untuk selanjutnya diperlukan upaya yang dilakukan untuk menarik minat dan partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Toni Hartono, M.Si, -2005067801tonihartono1978@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Difusi, Inovasi, aplikasi Identitas Kependudukan Digital
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:31
Last Modified: 25 Mar 2024 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78151

Actions (login required)

View Item View Item