PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN KELOMPOK SPONTANITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA MURID KELAS III SDN 001 SUNGAI PINANG KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Maya Asrita, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN KELOMPOK SPONTANITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA MURID KELAS III SDN 001 SUNGAI PINANG KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201297.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran langsung dengan menggunakan kelompok spontanitas dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas III SDN 001 Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah melalui penerapan pembelajaran langsung dengan menggunakan kelompok spontanitas dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas III SDN 001 Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi pada materi bangun datar?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas III SDN 001 Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi dan objeknya adalah penerapan pembelajaran langsung dengan menggunakan kelompok spontanitas dan hasil belajar murid. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes, peneliti memberikn tes diakhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar murid sebelum dan setelah menggunakan tindakan, kemudian data dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketentuan berdasarkan skor yang diperoleh murid sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 45% sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus 1adalah 50% dan siklus II adalah 85%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan menggunakan kelompok spontanitas untuk meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas III SDN 001 sungai pinang. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar murid kelas III SDN 001 sungai pinang setelah tindakan. Bedasarkan hasil analisis ketuntasan individual dari 20 murid, diperoleh 17 murid tuntas 3 murid yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:31
Last Modified: 21 Sep 2016 13:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item