Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Instrumen Kompetensi Profesional Guru Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Abad 21 Di SMA Kecamatan Tapung.

Febri Giantara, - (2024) Pengembangan Instrumen Kompetensi Profesional Guru Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Abad 21 Di SMA Kecamatan Tapung. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Febri Giantara (2024) : Pengembangan Instrumen Kompetensi Profesional Guru Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Abad 21 Di SMA Kecamatan Tapung. Abad 21 merupakan sebuah Abad yang mengharuskan setiap individu beinteraksi dengan Teknologi Digital. Perubahan yang terjadi pada Abad 21 memberikan dampak positif dan negatif. Permasalahan yang dihadapi oleh manusia pada Abad 21, seperti pemanasan global, krisis ekonomi global, terorisme, rasisme, human trafficking, rendahnya kesadaran multikultural, kesenjangan mutu pendidikan, dan lain sebagainya. Pada dunia pendidikan menurut PISA untuk sains, menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa Indonesia mencapai 366 dengan skor OECD tertinggi yakni 575. Angka ini masih berada di bawah angka yang ditetapkan untuk sebuah pencapaian minimal. Berdasarkan data TIMSS peringkat matematika Indonesia pada tahun 2015 adalah peringkat 44 dari 49 Negara, selanjutnya data Observasi lapangan menunjukkan bahwa siswa SMA masih belum mampu memahami materi matematika yang dijelaskan oleh guru dan belum adanya instrumen untuk mengukur tingkat kompetensi profesional guru matematika terintegrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Abad 21. Berdasarkan permasalah ini, maka dikembangkan sebuah instrumen kompetensi profesional guru matematika yang terintegrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Abad 21. Instrumen ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Model integrasi yang digunakan di dalam pengembangan ini merupakan model integrasi Spiral Andromeda yang dipergunakan oleh UIN Suska Riau dalam mengembangkan keilmuan bagi seluruh civitas akademika kampus. Tahap uji coba dilakukan kepada siswa SMA Negeri di Kecamatan Tapung sebanyak 210 orang yang menggunakan kurikulum merdeka. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis faktor menggunakan aplikasi SPSS. Hasil uji validasi pengembangan instrumen dari masukan semua validator mengatakan instrumen valid untuk digunakan. Hasil uji praktikalitas intrumen kepada guru dengan rata-rata nilai 84,37 dan uji praktikalitas instrumen kepada siswa dengan rata-rata nilai 78,12 dapat disimpulkan intrumen yang dikembangkan praktis. Hasil uji instrumen menggunakan analisis faktor EFA dan CFA diperoleh data bahwa semua instrumen yang dikembangkan valid serta memiliki beberapa faktor atau dimensi baru yang terdapat pada instrumen yang dikembangkan. Berdasarkan model integrasi ini, maka ditemukan model integrasi untuk pengembangan ini yang disebut dengan model Spiral Andromeda Analisis Faktor (SAAF). Kata Kunci: Matematika, Pendidikan Agama Islam, Integrasi, Spiral Andromeda.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. Munzir Hitami, MA, -2022045401mzr.hitami@uin-suska.ac.id
Thesis advisorProf. Dr. Hj. Risnawati, M.Pd, -12070123188risnawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Mar 2024 08:06
Last Modified: 22 Mar 2024 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78144

Actions (login required)

View Item View Item