PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METRIK INGATAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 028 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG

Putri Helmi, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METRIK INGATAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 028 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201293.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi metrik ingatan. Agar penelitian dengan menggunakan stategi pembelajaran Metrik Ingatan ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menggangu kelancaran penelitian, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah dianalisis, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa statregi Metrik Ingatan dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS siswa dalam materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V sekolah dasar Negeri 028 rimbo panjang kecamatan tambang, dengan hasil observasi diperoleh persentase dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I diperoleh persentase sebesar 57,9% dan siklus II diperoleh persentase sebesar 72,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:30
Last Modified: 21 Sep 2016 13:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item View Item